on . Hits: 21

 

Mengawali acara Sosialisasi sekaligus Pendalaman Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Pengadilan Agama Soe yang dilaksanakan pada hari Rabu, 04 Maret 2020 pukul 09.00 s.d 11.00 yang bertempat di ruang Command Center Pengadilan Agama Soe, dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta pegawai dan honorer. Abubakar Alboneh (Panitera PA Soe) selaku moderator membuka acara dengan mengajak bersama-sama membaca Basmalah.

Setelah acara dibuka, kemudian dilanjutkan Pengantar oleh Moh. Rivai, S.HI.,MH., Wakil Ketua Pengadilan Agama Soe, sekaligus membawakan materi acara yang dimaksud.

Dalam pemaparan tentang SPIP, Moh Rivai menyampaikan bahwa SPIP yang merupakan Sistem Pengendalian Intern di selenggarakan secara menyeluruh di lingkungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, tak terkecuali di lingkungan badan peradilan dalam hal ini termasuk Pengadilan Agama Soe yang mempersiapkan diri dalam pembangunan Zona Intergritas.

System Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Adapun rujukan dalam pelaksanaan SPIP ini adalah berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Pada pasal 3 disebutkan unsur-unsur yang harus ada dalam SPIP adalah : lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan pengendalian intern.

Menutup pemaparan, Moh. Rivai mengajak pada seluruh Hakim dan Pengawai Pengadilan Agama Soe agar betul-betul memahami serta menerapkan SPIP ini sehingga tujuan SPIP itu sendiri dapat dirasakan oleh semua personil PA Soe khususnya dan masayarakat umum pada umumnya.

Setelah acara pemaparan dan pendalaman SPIP, Abubakar Alboneh selaku moderator menutup acara dengan mengajak bersama-sama membaca Hamdalah.

Add comment


Security code
Refresh

Artikel | Makalah | Risalah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soe
Jalan Cendana
Kelurahan Cendana
Kecamatan Kota Soe
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Propinsi Nusa Tenggara Timur

Telp/Fax. (0388) 21203

website : http://pa-soe.go.idemail   : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Pengadilan Agama Soe@2019