Telp/Fax. (0388) 21203

VISI : Terwujudnya Pengadilan Agama Soe Yang Agung

  MISIMewujudkan Pelayanan Cepat, Sederhana dan Biaya Ringan. Meningkatkan Kinerja Aparatur Peradilan. Meningkatkan Sumber Daya Aparatur Peradilan. Meningkatkan Sarana dan Prasarana

MOTTO : SMM=Sejuk, Modern, Merakyat

 




PA Soe Gelar Sidang Isbat Nikah Terpadu di Tahun 2018

Ditulis oleh Admin. Posted in Dokumentasi

 

Rabu Tanggal 25 April 2018 merupakan hari yang sangat dinantikan oleh segenap warga Desa Billa dan Desa Oeue kec.Amanuban Timur Kab.Timor tengah Selatan dimana pada hari tersebut bertempat di Gedung Sekolah SMP Negeri Billa diselenggarakan Sidang Isbat Nikah Terpadu yang merupakan kerjasama sesuai MOU yang sudah dibuat dan di tanda tangani oleh ketiga Instansi Pemerintahan tersebut yaitu Pengadilan Agama Soe, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.TTS dan Kementerian Agama Kab. TTS yang didukung penuh Oleh Bapak Bupati Timor Tengah Selatan IR.  PAULUS VICTOR ROLLAND MELLA, MSi.

Acara Pembukaan Sidang Isbat berlangsung dengan penuh khidmat dan sesekali di warnai wajah wajah ceria dari beberapa pasangan suami istri yang akan mengikuti sidang isbat tersebut, dimana momen penting inilah yang selama ini sangat dirindukan oleh Warga Kab.TTS khusunya Warga Desa Billa dan Oeue.

Dalam Sambutan nya Ketua Pengadilan Agama Soe Menyampaikan Bahwa ternyata ada perbedaan yang mendasar antara isbat nikah (massal) dengan nikah (massal), yaitu pada implikasi hukumnya berlaku surut, meski isbat nikah dilakukan saat ini, status hukum pernikahan (sirri) pasangan suami-istri tersebut diakui kesahannya sejak pernikahan tersebut dilakukan. Dan sebaliknya meskipun sudah menikah (sirri) beberapa tahun yang lalu , lalu pasangan suami-istri melakukan nikah (massal) sekarang, maka status pernikahannya dihitung sah sejak sekarang. Jadi dengan isbat nikah status pernikahan jadi jelas , status anak-anak juga jelas. Harta bersama juga jelas dan mendapat perlindungan hukum.

Besar harapan Ketua Pengadilan Agama Soe agar kegiatan ini terus berkesinambungan. Beliau berharap agar kegiatan ini bukan cuma sekali diadakan di kecamatan Amanuban Timur agar masyarakat lain yang belum mendaftar bisa juga merasakan akan kemudahan dari program yang di laksanakan saat ini.

  

Setelah Penyampaian Sambutan dari Ketua Pangadilan Agama Soe tepat pada pukul 11.00 WITA dilangsungkan acara inti yaitu sidang Isbat Nikah yang dilakukan oleh Masing Masing Hakim Tunggal Yaitu Drs.H.Sartono, Husaima.S.HI dan Suratnah Bao,S.Ag.,MH. dan terdapat sebanyak 15 Pasangan Suami Istri yang mengikuti Sidang Isbat Nikah Terpadu.

dan tidak lupa pula demi mencapai Pelayanan Publik Yang prima ,Sekretaris Pengadilan Agama Soe Dahlia Oramahi, S.E secara langsung ikut terjun dalam pembagian kuesioner kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Pengadilan Agama Soe, dengan ramah beliau memandu warga sekitar untuk mengisi kuesioner tersebut. semua demi terciptanya Pelayanan yang Prima dari Pengadilan Agama Soe.

Saat jam menunjukan pukul 14.00 WITA, sidang pelayanan terpadu tahap I akhirnya selesai dilaksanakan. Walaupun semua personil Pengadilan Agama Soe kelelahan tetapi suasana bahagia juga terpancar dari wajah mereka. Buat kami, ini adalah suatu bentuk pengabdian kami terhadap masyarakat Desa Billa dan Oeue, ucap Safiin Madar S.HI.,MH (Panitera Pengadilan Agama Soe)

  

setelah sidang selesai dilaksanakan sebelum personil Pengadilan Agama Soe meninggalkan lokasi Sidang Isbat Nikah Terpadu diadakan acara Natoni.

Natoni adalah suatu adat atau kebiasaan yang dipatuhi oleh masyarakat dawan Timor Tengah Selatan. Natoni biasanya dilakukan dalam barbagai acara resmi, baik yang berhubungan dengan adat maupun keagamaan dan acara resmi lain yang dianggap sangat penting dalam masyarakat. Natoni yang dilakukan dalam berbagai acara juga menggunakan syair berbeda. Setiap syair yang digunakan selalu dihubungkan dengan peristiwa yang sedang berlangsung misalnya penerimaan atau penyambutan dan pelepasan kembali tamu (kunjungan pejabat pemerintah),serta Pengalungan kain adat yang di berikan warga kepada semua personil Pengadilan Agama Soe yang Mengikuti Isbat Nikah Terpadu.

Terpancar wajah penuh kebahagiaan warga saat kami semua personil Pengadilan Agama Soe Meninggalkan Lokasi Sidang Isbat Nikah Terpadu.

( By Team IT PA SOE )

 

April 30, 2018

Pelantikan Panitera muda Permohonan dan Panitera muda Hukum

in Dokumentasi by Admin
Senin, 30 April 2018, Pengadilan Agama Soe menggelar acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Panitera Muda Permohonan dan…
Apr 17, 2018 164

PA SOE GELAR RAPAT AKHIR PERSIAPAN…

Senin tanggal 16 April 2017 bertempat di Ruang…
Apr 11, 2018 192

launching aplikasi persuratan "SIPATO"…

Hari ini Rabu 11 April 2018 adalah hari dimana…
Apr 09, 2018 185

Survey persiapan sidang terpadu PA Soe…

Kamis, 22 Maret 2018 bertempat di Kantor Desa…
Apr 03, 2018 382

Perkenalan Cakim Magang di Pengadilan…

Hari Senin 02 April 2018 merupakan hari pertama…
Mar 27, 2018 184

SOSILISASI HASIL RAKERDA TAHUN 2018…

SOSILISASI HASIL RAKERDA TAHUN 2018 ,RAPAT…
Berlangganan berita terbaru dari kami silakan isi email anda...