Telp/Fax. (0388) 21203

Visi Pengadilan Agama Soe
Terwujudnya Pengadilan Agama Soe yang bersih, berwibawa dan profesional dalam penegakan hukum dan keadilan menuju terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung.
~~~ 00 ~~~



Prosedur Pendaftaran di Pengadilan Agama Soe

Ditulis oleh Admin. Posted in Konten Situs

  1. Pihak berperkara datang ke Pengadilan Agama Soe dengan membawa surat gugatan atau permohonan;
  2. Pihak berperkara menghadap petugas Meja 1 (pertama) dan menyerahkan surat gugatan atau permohonan, 4 (empat) rangkap dan untuk surat gugatan ditambah sejumlah Tergugat;
  3. Petugas Meja 1 (pertama) dapat memberikan penjelasan yang dianggap perlu berkenaan dengan perkara yang diajukan dan menaksir panjar biaya perkara yang kemudian ditulis dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM). Besarnya panjar biaya perkara diperkirakan harus telah mencukupi untuk menyelesaikan perkara tersebut, didasarkan pada pasal 182 ayat (1) HIR dan atau pasal 90 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor : 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama;
    Catatan :
    • Bagi yang tidak mampu dapat diijinkan berperkara secara prodeo (cuma-cuma). Ketidakmampuan tersebut dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari Lurah atau Kepala Desa setempat yang dilegalisasi oleh Camat.
    • Bagi yang tidak mampu maka panjar biaya perkara ditaksir Rp. 0,00 dan ditulis dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM), didasarkan pasal 237 – 245 HIR.
    • Dalam tingkat pertama, para pihak yang tidak mampu atau berperkara secara prodeo. Perkara secara prodeo ini ditulis dalam surat gugatan atau permohonan bersama-sama (menjadi satu) dengan gugatan perkara. Dalam posita surat gugatan atau permohonan disebutkan alasan penggugat atau pemohon untuk berperkara secara prodeo dan dalam petitumnya;
  4. Petugas Meja Pertama menyerahkan kembali surat gugatan atau permohonan kepada pihak berperkara disertai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dalam rangkap 3 (tiga);
  5. Pihak berperkara menyerahkan kepada pemegang kas (KASIR) surat gugatan atau permohonan tersebut dan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM);
  6. Pemegang kas menyerahkan asli Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) kepada pihak berperkara sebagai dasar penyetoran panjar biaya perkara ke bank;
  7. Pihak berperkara datang ke loket layanan bank dan mengisi slip penyetoran panjar biaya perkara. Pengisian data dalam slip bank tersebut sesuai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM), seperti nomor urut, dan besarnya biaya penyetoran. Kemudian pihak berperkara menyerahkan slip bank yang telah diisi dan menyetorkan uang sebesar yang tertera dalam slip bank tersebut;
  8. Setelah pihak berperkara menerima slip bank yang telah divalidasi dari petugas layanan bank, pihak berperkara menunjukkan slip bank tersebut dan menyerahkan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) kepada pemegang kas;
  9. Pemegang kas setelah meneliti slip bank kemudian menyerahkan kembali kepada pihak berperkara. Pemegang kas kemudian memberi tanda lunas dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dan menyerahkan kembali kepada pihak berperkara asli dan tindasan pertama Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) serta surat gugatan atau permohonan yang bersangkutan;
  10. Pihak berperkara menyerahkan kepada petugas Meja Kedua surat gugatan atau permohonan sebanyak jumlah tergugat ditambah 2 (dua) rangkap serta tindasan pertama Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM);
  11. Petugas Meja Kedua mendaftar/mencatat surat gugatan atau permohonan dalam register bersangkutan serta memberi nomor register pada surat gugatan atau permohonan tersebut yang diambil dari nomor pendaftaran yang diberikan oleh pemegang kas;
  12. Petugas Meja Kedua menyerahkan kembali 1 (satu) rangkap surat gugatan atau permohonan yang telah diberi nomor register kepada pihak berperkara.
Pendaftaran Perkara Selesai,
Para pihak berperkara akan dipanggil oleh jurusita/ jurusita pengganti untuk menghadap ke persidangan setelah ditetapkan Susunan Majelis Hakim (PMH) dan hari sidang pemeriksaan perkaranya (PHS).
Agustus 19, 2017

HUT Mahkamah Agung RI 2017

in Dokumentasi by Admin
Upacara Bersama Peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung RI Ke 72 Tahun 2017Di Soe – Timor Tengah Selatan Bertempat di halaman Kantor…
Jun 20, 2017 164

PEMBERIAN BANTUAN DANA BEA SISWA (BDBS)…

Jum’at, 16 Juni 2017, Bertempat di ruang sidang…
Jun 07, 2017 197

Buka Puasa Bersama dan Taraweh…

Rabu, 7-6-2017. Keluarga Besar Pengadilan Agama…
Jun 01, 2017 186

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA…

Kamis, 1 Juni 2017 bertempat di halaman Kantor…
Mei 24, 2017 249

Sidang Keliling di Desa Falas…

Seluruh jajaran Pengadilan Agama Soe yang…
Mar 22, 2017 353

Ekpose Hasil Pengawasan Hakim Tinggi…

Setelah tiga hari melaksanakan pemeriksaan di…

Putusan PA. Soe

Berlangganan berita terbaru dari kami silakan isi email anda...