Telp/Fax. (0388) 21203

VISI : Terwujudnya Pengadilan Agama Soe Yang Agung

  MISIMewujudkan Pelayanan Cepat, Sederhana dan Biaya Ringan. Meningkatkan Kinerja Aparatur Peradilan. Meningkatkan Sumber Daya Aparatur Peradilan. Meningkatkan Sarana dan Prasarana

MOTTO : SMM=Sejuk, Modern, Merakyat

 



Pengembalian Sisa Panjar

Ditulis oleh Admin. Posted in Konten Situs

Pertama:
Setelah Majelis Hakim membacakan putusan dalam sidang yang terbuka untuk umum, kemudian Ketua Majelis membuat perincian biaya yang telah diputus dan diberikan kepada Pemegang Kas  untuk dicatat dalam Buku Jurnal Keuangan Perkara dan Buku Induk Keuangan Perkara.
 
Kedua:
Pemohon/Penggugat selanjutnya menghadap kepada Pemegang Kas untuk menanyakan perincian penggunaan panjar biaya perkara yang telah ia bayarkan, dengan memberikan informasi nomor perkaranya.
 
Ketiga:
Pemegang Kas berdasarkan Buku Jurnal Keuangan Perkara memberi penjelasan mengenai rincian penggunaan biaya perkara kepada Pemohon/Penggugat.
 
Catatan:
Apabila terdapat sisa panjar biaya perkaranya, maka Pemegang Kas membuatkan kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dengan menuliskan jumlah uang sesuai sisa yang ada dalam buku jurnal dan diserahkan kepada Pemohon/Penggugat untuk ditanda tangani.
Kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara terdiri dari 3 (tiga) lembar:
- Lembar pertama untuk pemegang kas.
- Lembar kedua untuk Pemohon/Penggugat
- Lembar ketiga untuk dimasukkan ke dalam berkas perkara
 
Keempat:
Pemohon/Penggugat setelah menerima kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dan menandatanganinya, kemudian menyerahkan kembali kwitansi tersebut kepada Pemegang Kas.
 
Kelima:
Pemegang Kas menyerahkan uang sejumlah yang tertera dalam kwitansi tersebut beserta tindasan pertama kwitansi kepada pihak Pemohon/Penggugat.
 
Catatan:
Apabila Pemohon/Penggugat tidak hadir dalam sidang pembacaan putusan atau tidak mengambil sisa panjarnya pada hari itu, maka oleh Panitera melalui surat akan diberitahukan adanya sisa panjar biaya perkara yang belum ia ambil.
Dalam pemberitahuan tersebut diterangkan bahwa bilamana Pemohon/Penggugat tidak mengambil dalam waktu 6 (enam) bulan, maka uang sisa panjar biaya perkara tersebut akan dikeluarkan dari Buku Jurnal Keuangan yang bersangkutan dan dicatat dalam buku tersendiri sebagai uang tak bertuan (1948 KUHPerdata), yang selanjutnya uang tak bertuan tersebut akan disetorkan ke Kas Negara.
Default Image
Oktober 02, 2018

Sejarah Pengadilan Agama Soe

in Dokumentasi by Admin
SEJARAH SINGKAT PENGADILAN AGAMA SOE Peradilan Agama merupakan kerangka sistim dan tata hukum Nasional yang berdasarkan Pancasila…
Default Image
Sep 24, 2018 35

Pengantar Ketua Pengadilan

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,…
Sep 20, 2018 84

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah…

Senandung lagu padamu negeri yang terdengar…
Sep 05, 2018 259

Sosialisasi dan Simulasi Alat Pemadam…

Husaima, S.HI mewakili Ketua Pengadilan Agama Soe…
Sep 05, 2018 187

Opening Meeting Assesment Internal…

Dokumen pendukung Sertifikasi Akreditasi…
Agu 27, 2018 100

Ulang Tahun Ketua PA Soe

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ…

Putusan PA. Soe

Pengumpan tidak ditetapkan

Berlangganan berita terbaru dari kami silakan isi email anda...