on . Hits: 52

Wakil Ketua Pengadilan Agama Soe, Moh. Rivai, S.HI., MH mendelegasikab aparatur Pengadilan Agama Soe khususnya bagian Pelayanan Tepadu Satu Pintu (PTSP) antara lain;  Nur Amalia Mandasari, S.EI (Panmud Permohonan), Siti Ruslina, S.HI (Panmud Hukum), Erni Sumarni, S.HI., M.H (Panmud Gugatan) dan Ruchani (Juru Sita) untuk mengadakan Benchmarking ke Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Soe pada Selasa 17 Desember 2019.

Pada kesempatan tersebut para peserta benchmarking diterima langsung oleh ibu Sriyanti Sigakole selaku Assistant Manager Operasional Layanan BRI Cabang Soe, di ruang kerjanya.

Kegiatan ini merupakan kerjasama yang diadakan oleh Pengadilan Agama Soe dengan Pihak BRI Cabang Soe dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan bagi para petugas PTSP di Pengadilan Agama Soe.

Dalam kegiatan tersebut ibu Sriyanti Sigakole menjelaskan bahwa pelayanan yang cepat, tepat dan efisien akan membuat pelanggan merasa nyaman. Beliau juga memberikan trik dalam pendekatan personal kepada nasabah yaitu dengan menyebut nama pelanggan/nasabah, mengucapkan salam, mengucapkan permohonan maaf serta berterima kasih. Bagi petugas customer service office (CSO) harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, sopan santun, ramah, dan bertanggung jawab penuh terhadap pelanggan/nasabahnya Pada Intinya kita wajib melayani nasabah dengan baik agar nasabah merasa puas, mendapat perhatian dan setia pada pelayanan kita.

Ibu Sriyani Sigaloke juga menjelaskan kemampuan komunikasi kepada pelanggan/nasabah adalah hal yang sangat penting, dalam hal ini memahami apa yang pelanggan inginkan. Beliau juga memberikan arahan bahwa  dalam berbicara dengan pelanggan, hendaknya memperhatikan nada bicara, tidak boleh dengan emosi, akan tetapi harus tetap sabar serta mengucapkan maaf.

Di samping itu Bu Sriyanti juga mengingatkan kepada peserta benchmarking, jangan sampai membiarkan pelanggan menunggu, karena pelanggan ingin permasalahannya segera diselesaikan. Dengan tetap menunjukkan simpati, berbicara dengan penuh perasaan, dan mampu memberikan solusi untuk permasalahan yang disampaikan pelanggan/nasabah kepada customer service office (CSO). Di akhir sesi pertemuan Beliau memberikan tips mengenai dasar pelayanan yang baik adalah berpakaian dan berpenampinan rapi dan bersih, percaya diri penuh senyuman, menyapa, sopan santun, mendengarkan pembicaraan dan menerima keluhan dengan baik, berbicara dengan bahasa yang baik dan jelas serta mampu meyakinkan pelanggan/nasabah.

Kegiatan yang berlangsung kurang dari 2 (dua) jam itu telah memberikan bekal bagi para peserta benchmarking untuk nantinya dapat diimplementasikan. Sehingga diharapkan pelayanan yang diberikan oleh para petugas front office PTSP Pengadilan Agama Soe dapat memberikan kepuasan serta kenyamanan bagi pengguna layanan pengadilan dalam hal ini para pencari keadilan..

 

Add comment


Security code
Refresh

Artikel | Makalah | Risalah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soe
Jalan Cendana
Kelurahan Cendana
Kecamatan Kota Soe
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Propinsi Nusa Tenggara Timur

Telp/Fax. (0388) 21203

website : http://pa-soe.go.idemail   : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Pengadilan Agama Soe@2019