Untitled 1

Untitled 1JDIH

Untitled 1

Written by Yahya S. on . Hits: 642

Pembinaan dan Pengawasan Yustisial Pengadilan Tinggi Agama Kupang di Pengadilan Agama Soe

Rabu, (22/6), Pengadilan Tinggi Agama Kupang melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Yustisial di Pengadilan Agama Soe pada hari Senin hingga Rabu (20-22/6).

Kegiatan pengawasan dan pembinaan dipimpin langsung oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Kupang, Drs. Nurhafizal, S.H., M.H. serta didampingi oleh tim. Pada hari Senin setiba di Pengadilan Agama Soe, tim yang berjumlah tiga orang ini langsung berkeliling memeriksa seluruh area kantor, mulai dari pos security, front office, PTSP, ruang persidangan dan ruang mediasi. Tidak lupa juga pemantauan dilakukan di lantai 2 seperti ruang podcast, perpustakaan, kamar mandi dan lain-lain.

Selain melakukan pengawasan terhadap seluruh fasilitas yang ada di Pengadilan Agama Soe, tim juga melanjutkan kegiatan pengawasan ke beberapa unit kerja, yakni bagian Kepaniteraan dan bagian Kesekretariatan.

Setelah melakukan kegiatan pengawasan, tim pengawas Pengadilan Tinggi Agama Kupang melanjutkan pembinaan yustisial pada pukul 13.30 bertempat di Media Center yang diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Soe. Ketua tim Pengawasan dan Pembinaan, Drs. Nurhafizal, S.H., M.H., menyampaikan perihal penilaian dalam berkas eksaminasi. “Sebagus apapun berkas perkara yang diperiksa, karena ada kesalahan dan kelalaian sedikit saja, sangat disayangkan akan terjadi pengurangan nilai. Oleh karena itu dibutuhkan kejelian dan ketelitian dalam memeriksa berkas perkara”., ungkap sang Hakim Tinggi.

Keesokan harinya (21/6), tim pengawas meninjau kesiapan Pengadilan Agama Soe terkait Pembangunan Zona Integritas (ZI) dan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Kegiatan pembinaan dan pengawasan dilakukan dengan memeriksa progres setiap area, serta dilakukan presentasi Pembangunan ZI oleh Ketua Pengadilan Agama Soe, Moh. Rivai, S.H.I, M.H. Pada sesi akhir kegiatan Pembinaan dan Pengawasan beliau menyampaikan bahwa kehadiran Hakim Tinggi Pengawas selama beberapa hari ini selain melakukan pengawasan, juga turut serta membantu apa yang perlu dipersiapkan terutama untuk penilaian eksaminasi dan penilaian ZI. “Kami menyampaikan terima kasih kepada Hakim Tinggi Pengawas dan tim yang telah memberikan saran dan petuah berharga bagi kami yang tujuannya adalah untuk membantu kelancaran Pembangunan ZI di Pengadilan Agama Soe.”, ucap Rivai.

Pada hari terakhir (22/6) tim pengawas Pengadilan Tinggi Agama Kupang masih melanjutkan dengan beberapa kegiatan pengawasan dan diakhiri dengan penutupan. Diharapkan dengan berlangsungnya kegiatan pembinaan dan pengawasan yustisial dari Pengadilan Tinggi Agama Kupang dapat meningkatkan kualitas Pengadilan Agama Soe dalam mewujudkan pelayanan cepat, sederhana dan biaya ringan kepada pencari keadilan. Selain itu kegiatan pengawasan dan pembinaan ini dapat membantu kesiapan Pengadilan Agama Soe menghadapi penilaian ZI dan pada akhirnya dapat meraih perdikat WBK, Aamiin. (YS)

Add comment


Security code
Refresh

Artikel | Makalah | Risalah

Hubungi Kami

Jalan Cendana
Kecamatan Kota SoE
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Propinsi Nusa Tenggara Timur
Telp: 038821203
Website: https://pa-soe.go.id
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No. Pengaduan: 081276878779 (Telp & WA)

Galeri Kegiatan 2019

Galeri Kegiatan 2020

Galeri Kegiatan 2021

 Galeri Kegiatan 2022