Untitled 1

Untitled 1

Untitled 1

Untitled 1

on . Hits: 98

Hakim Agung H. Yasardin, Terpilih Pimpin IKAHI Masa Bhakti 2022-2025



So’E, Kamis (17/11/22). Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) menyelenggarakan Musyawatah Nasional (Munas) ke-20. Munas bertempat di Hotel Intercontinental Dago, Bandung. Agenda besar Munas dalam rangkat pemilihan Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Hakim Indonesia (PP IKAHI) Periode 2022-2025. 
Pelaksanaan Munas IKAHI ke XX tahun 2022, berlangsung mulai tanggal 15 November dan baru selesai pada tanggal 17 November 2022 (tadi malam). Dengan mengusung tema “Melalui Munas IKAHI - XX gelorakan semangat untuk bangkit bersama, tegakkan keadilan".
Seluruh agenda kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib, sebagaimana dalam run down acara serta tata tertib yang telah di tetapkan.

yasardin

Hari pertama Munas IKAHI pada hari Rabu tanggal 16 November 2022. Diawali dengan agenda rapat Komisi A dan Komisi B. Komisi A membahas tentang perubahan AD/ART IKAHI dan Komisi B membahas tentang program kerja. Kegiatan rapat Komisi ini dapat diselesaikan pukul 12.00 WIB. Dilanjutkan dengan rapat pleno V adalah pemilihan Ketua Umum IKAHI Periode 2022 – 2025.
Sistem pemilihan Ketua Umum IKAHI, sebagamana diatur dalam Tata Tertib, Pasal 15 ayat 2 mengatur “yang akan dipilih menjadi Ketua Umum IKAHI adalah calon yang mendapatkan suara terbanyak. Sedangkan calon yang memperoleh suara terbanyak selanjutnya sampai dengan urutan 5 (lima) ditetapkan menjadi Tim Formatur yang akan menyusun pengurus lengkap PP IKAHI”.
Pemilihan dilaksanakan secara langsung dan bebas serta rahasia dengan cara one man one vote. Peserta yang memiliki hak suara adalah peserta yang ditetapkan sebagai utusan Daerah, sedangkan peserta sebagai Peninjau hanya memiliki hak menyampaikan pendapat dan tidak memiliki hak suara. Ada 170 pemilik hak suara, sebagaimana ditetapkan oleh pimpinan sidang.

pemilu ikahi

Suasana Penghitungan suara oleh Panitia Munas

Masyarakat pun dapat menyaksikan secara langsung pemilihan Ketua Pusat IKAHI. Panitia telah menyiapkan saluran siaran langsung melalui channel youtube resmi PP IKAHI di https://www.youtube.com/watch?v=87ajhJagHBw.
Akhirnya, pemilihan pun selesai dan tibalah penghitungan surat suara. Perolehan suara saling susul menyusul dan di antara peserta pemilih memberikan dukungan terhadap jagoannya dengan tepuk tangan riuh bergemuruh, apabila calon yang dipilihnya mendapatkan suara.
Akhirnya, dari penghitungan suara menghasilkan 5 (lima) calon yang mendapatkan suara terbanyak yaitu Dr. H. Yasardin, S.H., M. Hum mendapatkan 57 suara. Dr. H. Yulius, S.H., M.H. meraih 53 suara. H. Suharto, S.H., M. Hum mendapatkan 41 suara. I Gusti Agung Sumanatha, S.H., M.H. meraih 7 suara dan Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. mendapatkan 2 suara.

penetapan

Pimpinan Sidang, membacakan hasil akhir pemilihan Ketua Umum PP IKAHI masa bhakti 2022-2025

Dengan perolehan suara tersebut, maka Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum yang merupakan Hakim Agung Kamar Agama, ditetapkan sebagai Ketua Umum IKAHI periode 2022 – 2025 sekaligus sebagai Ketua Tim Formatur dan yang lainnya ditetapkan sebagai anggota Tim Formatur.  “Apakah YM Dr. H. Yasardin, S.H., M. Hum dapat disetujui dan ditetapkan menjadi Ketua Umum IKAHI periode 2022 – 2025,” tanya Ketua rapat pleno V Dr. H. Samparaja yang disambut setuju oleh peserta Munas.
Sekretaris Sidang, Abdul Rahman Rahim kemudian membacakan Keputusan Munas XX IKAHI Nomor 09/Munas/IKAHI/XI/2022 tentang Tim Formatur PP IKAHI masa bhakti 2022-2023.
Dikuti dari www.metro.suara.com, Koordinator kepanitiaan seksi Kehumasan, Publikasi dan Dokumentasi Munas IKAHI Djoeyamto menjelaskan Yasardin terpilih menggantikan Ketua IKAHI periode sebelumnya yakni.Dr. Suhadi.
"H. Yasardin terpilih setelah memperoleh 57 suara mengungguli 10 calon lainnya. Djoeyamto menambahkan Yasardin juga sekaligus akan menjadi Ketua Formatur untuk menyusun kepengurusan,"jelasnya.
Lebih lanjut Djoeyamto menjelaskan bahwa total suara masuk ada 169 suara dan 1 suara abstain.  Di Posisi kedua diperoleh H. Yulius dengan perolehan 53 suara dan H. Suharto meraih 41 suara, sisa suara lainnya terdistribusi kepada para calon lainnya.

pidato

H. Yasardin, menyampaikan pidato dan orasi usai terpilih sebagai Ketua Umum IKAHI

Dalam kata sambutannya, Ketua Umum IKAHI terpilih Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta Munas yang telah mengikuti pemilihan Ketua Umum IKAHI dengan baik dan lancar. Ucapnya.
Dirinya berjanji akan memajukan IKAHI selama dalam kepemimpinannya. “Terima kasih kepada seluruh peserta Munas IKAHI ke XX yang telah berpartisipasi dalam  pelaksanaan pemilihan Ketua Umum IKAHI. Saya mengajak kita semua untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan IKAHI,” pungkasnya ketika mengumumkan pengurus inti IKAHI di bawah kepemimpinannya.
Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama (PA) So’E, Mushlih, S.H.I., M.H., terlihat nampak gembira dan bahagia. Mushlih mengatakan “Alhamdulillah....baru kali ini, Hakim Agung dari Lingkungan Peradilan Agama ditetapkan sebagai Ketua Pusat IKAHI” kata Mushlih.
Ia menambahkan, “inshaAllah, saya yakin IKAHI di bawah kepeminpinan beliau akan semakin jaya” ungkapnya.
“Ayahanda Yasardin akan bersama-sama dengan Ketua Mahkamah Agung dalam rangka meningkatkan harkat, martabat dan kesejahteraan hakim. Sekaligus ia akan tegas dalam hal ada hakim yang “nakal” yang menodai dan mengotori kemulyaan korp IKAHI” tutur Mushlih.
Sebagai penutup, Mushlih mengatakan kepada timred pada pagi ini (Kamis, 17/11/2022) “Kami, keluarga besar IKAHI Cabang So’E dan keluarga besar Pengadilan Agama So’E mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum., sebagai Ketua IKAHI masa bhakti 2022-2025. Jaya Ikahi, Jaya Mahkamah Agung”
Sebagai informasi, H. Yasardin dilantik menjadi Hakim Agung pada oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H pada Selasa tanggal 7 September 2017 di Gedung Mahkamah Agung RI. Yasardin sendiri sebelumnya pernah bertugas di Pusdiklat Kumdil Mahkamah Agung 2014-2017, Hakim Tinggi di PTA Palembang pada 2013-2014. (red. AH)

Add comment


Security code
Refresh

Artikel | Makalah | Risalah

Hubungi Kami

Jalan Cendana
Kecamatan Kota SoE
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Propinsi Nusa Tenggara Timur
Telp: 038821203
Website: https://pa-soe.go.id
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Galeri Kegiatan 2019

Galeri Kegiatan 2020

Galeri Kegiatan 2021

 Galeri Kegiatan 2022