Untitled 1

Untitled 1

Untitled 1

Untitled 1

on . Hits: 71

Ketua MA Live Eksklusif di Acara Rosi Kompas TV: Jangan Bersembunyi di Balik Independensi

 


SoE, 17/11/2022.
Malam ini, Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, memenuhi undangan untuk bicara secara eksklusif di acara Rosi Kompas TV.

Rosi Silalahi yang menjadi host acara talkshow andalan Kompas TV yang bermotto independen terpercaya ini, mencecar orang nomor satu di Mahkamah Agung itu dengan pertanyaan yang tajam seputar isi jual beli perkara di MA.

Ketua MA, H. M. Syarifuddin berbicara di acara Rossi Kompas TV

"Saya tidak pernah tahu ada praktik itu di MA, kalau ada, pasti kami tindak" tegas Ketua MA.
Selain mencecar soal dua hakim agung yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK, Rosi juga menyasar persoalan seleksi hakim Agung.

"Untuk jadi hakim agung itu ada proses yang melibatkan banyak pihak, mulai KY, DPR hingga Presiden, jadi MA tidak bisa menolak hakim tertentu untuk menjadi hakim agung jika memang prosesnya sudah dilewati secara utuh", kata KMA ke 14 ini.

Pembicaraan antara Ketua Mahkamah Agung dengan presenter senior peraih tiga kali anugerah panasonic award ini,  juga menyinggung soal putusan yang tidak proporsional yang kerap mencederai rasa keadilan masyarakat. Menurut mantan Ketua Badan Pengawas MA ini, hakim itu bertanggung jawab secara vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga sudah seharusnya hakim memutus  perkara dengan segenap integritas dan profesionalisme.

Ia menambahkan Mahkamah Agung telah lebih modern dalam mendukung kemampuan hakim dengan menyediakan direktori putusan yang bisa digunakan untuk menelusuri aturan aturan hukum serta yurisprudensi.

Dalam kesempatan itu, pria kelahiran Baturaja, Sumatera Selatan ini, memberikan pesan tegas bagi segenap hakim di Indonesia dan seluruh aparatur peradilan agar konsisten menjaga integritas dan terus meningkatkan kemampuan baik teknis maupun materiil. Dan jangan sekali-kali bersembunyi di balik independensi.

Berikut Profil singkat Ketua Mahkamah Agung RI, H. Muhammad Syarifuddin:

H.M. Syarifuddin lahir 17 Oktober  1954.  Karirnya di dunia peradilan dimulai sebagai CPNS Calon Hakim pada tahun 1981.  Karir sebagai hakim dirintis di PN Kutacane pada tahun 1984 . Pada akhir tahun 1990, Ia berpindah tugas ke PN Lubuk Linggau hingga tahun 1995. Setelah dua tahun menjadi  “Pengadil” di PN Lubuk Linggau,  H.M. Syarifuddin berpindah tugas menjadi hakim di PN Pariaman. Pada tahun 1999, Ia mendapat keputusan mutasi sebagai hakim di PN Baturaja.

Pada tahun 2003,  mantan Kepala Badan Pengawasan MA ini dipromosikan sebagai hakim pada PN Jakarta Selatan. Dua tahun berkarir di Ibu Kota Negara mengantarkan hakim kelahiran Baturaja 17 Oktober 1954 ini menjadi pimpinan pengadilan. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung adalah jabatan yang dipercayakan kepadanya  pada periode tahun 2005-2006.  Selanjutnya, di pengadilan yang sama, H.M. Syarifudin, diberikan kepercayaan sebagai Ketua Pengadilan pada tahun 2006  sampai tahun 2011.
Pada tahun 2011, ia mendapat promosi sebagai Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Palembang. Di tahun yang sama,  penyandang gelar Doktor Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan ini dipercaya menjabat sebagai Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.  Jabatan eselon I ini diembanya sampai dengan terpilih sebagai hakim agung pada tahun 2013.

Setelah dua tahun menjabat hakim agung, H.M. Syarifudin dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Ketua Kamar Pengawasan. Kurang  dari satu tahun menjabat sebagai Ketua Kamar Pengawasan, H.M Syarifudin kemudian terpilih secara demokratis sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial pada  “Pemilu MA” yang dilaksanakan pada tanggal 14 April 2016.  H.M Syarifuddin akan menggantikan Prof. Dr. H. Mohammad Saleh, SH, MH yang akan purnabhakti terhitung mulai tanggal 1 Mei 2016.  Jabatan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial ini akan segera dilepaskan  meski periode jabatannya masih tersisa hingga tahun depan(2021). Hal ini karena dalam sidang paripurna khusus yang dilaksanakan pada tanggal 6 April 2020, H.M Syarifuddin terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung dan mengucapkan sumpah di hadapan Presiden RI pada tanggal 30 April 2020. Ia  dicatat dalam sejarah sebagai Ketua MA-ke 14. (tim_red)

Add comment


Security code
Refresh

Artikel | Makalah | Risalah

Hubungi Kami

Jalan Cendana
Kecamatan Kota SoE
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Propinsi Nusa Tenggara Timur
Telp: 038821203
Website: https://pa-soe.go.id
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Galeri Kegiatan 2019

Galeri Kegiatan 2020

Galeri Kegiatan 2021

 Galeri Kegiatan 2022