Untitled 1

Untitled 1JDIH

Untitled 1

Written by aulia on . Hits: 190

Berkah, Kunjungan dan Pembinaan Ketua PTA Kupang serta Rombongan di Pengadilan Agama SoE

 

Selasa (16/01), bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama SoE, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn., memberikan pembinaan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama SoE.

Kunjungan ini merupakan pembinaan pertama di tahun 2024 yang dilaksanakan oleh PTA Kupang. Adapun rombongan yang mendampingi diantaranya; Wakil Ketua PTA Kupang, Drs. H. Arifin, M.H., Panitera PTA Kupang, Dedeh Hotimah, S.Ag., M.H., dan Plt. Sekretaris PTA Kupang, Usman Asafah, S.T., M.H.

Setelah kegiatan pembinaan dibuka secara resmi dengan dipimpin langsung oleh Ketua PA SoE, Mushlih, S.H.I., M.H., Ketua PTA Kupang memberikan materi pembinaannya. Ayahanda Ilham Abdullah menghimbau kepada seluruh aparatur untuk menjaga kedisiplinan, “Jangan sampai ada yang kena hukuman disiplin dari Bawas (Badan Pengawasan MA RI)”, imbuhnya.

Selanjutnya, beliau mengingatkan kembali khususnya bagi para hakim mengenai hukum materil dan hukum formil peradilan agama, salah satu contoh diantaranya yakni manakala ada tuntutan Perbuatan Melawan Hukum dalam gugatan, terlebih perkara kewarisan atau harta bersama (gono-gini), maka hal itu adalah kewenangan Pengadilan Agama.

Disambung oleh Wakil Ketua PTA Kupang, beliau juga menekankan pentingnya kedisiplinan pegawai, terlebih lagi berkenaan absensi pegawai pada aplikasi SIKEP. Lebih lanjut, beliau mengupas kembali ketentuan-kentuan terbaru dalam administrasi pada aplikasi E-Court.

Kemudian, secara bergantian, pembinaan diberikan oleh Panitera PTA Kupang mengenai administrasi perkara peradilan dan oleh Plt. Sekretaris PTA Kupang mengenai tertib (base) birokrasi; disiplin dan loyalitas. Lebih jauh lagi, keduanya memberikan motivasi kepada seluruh aparatur untuk bangga atas prestasi-prestasi yang telah berhasil digapai dan tetap mempertahankannya dengan menumbuhkan rasa cinta pada instansi dan berikan kinerja yang terbaik.

Di penguhujung acara pembinaan, Ketua PTA Kupang memberikan closing statement, “bahwa Pengadilan Agama ini memiliki kekuatan yang didukung langsung oleh Undang-Undang. Pencari keadilan tidak memiliki opsi lain dalam menyelesaikan kebutuhannya selain pada instansi Pengadilan. Oleh karenanya, penting bagi kita semua aparatur pengadilan untuk memberikan pelayanan dan kinerja terbaik sesuai peran masing-masing”.

Semoga rangkaian kegiatan kunjungan dan pembinaan ini dapat memberikan manfaat dan keberkahan sebesar-besarnya bagi seluruh aparatur Pengadilan Agama SoE tanpa terkecuali. Sebagai hasilnya, hal tersebut dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Artikel | Makalah | Risalah

Hubungi Kami

Jalan Cendana
Kecamatan Kota SoE
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Propinsi Nusa Tenggara Timur
Telp: 038821203
Website: https://pa-soe.go.id
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No. Pengaduan: 081276878779 (Telp & WA)

Galeri Kegiatan 2019

Galeri Kegiatan 2020

Galeri Kegiatan 2021

 Galeri Kegiatan 2022