on . Hits: 149

 

 

            Kamis, 24 Oktober 2019 bertempat di ruang rapat,  Pengadilan Agama Soe mengadakan Sosialisasi 9 (sembilan) Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag. Kegiatan sosialisasi tersebut dipimpin sekaligus dibuka oleh Moh. Rivai, S.H.I, M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Soe, disosialisasikan langsung oleh Abubakar Alboneh, S.H. selaku Panitera Pengadilan Agama Soe dan dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Soe baik dari bagian Kepaniteraan maupun Kesekretariatan dengan memaparkan langsung melalui projector serta menjelaskan cara akses, login aplikasi dan juga fitur-fitur yang ada pada masing-masing aplikasi.

Dalam sambutannya Wakil Ketua Pengadilan Agama Soe menyampaikan harus adanya kerjasama antara kepaniteraan dan kesekretariatan terkait implementasi 9 Aplikasi unggulan Badilag dimaksud dan semua aparatur Pengadilan Agama Soe harus mengetahui nama aplikasi berikut penggunaan dan implementasinya. beliau melanjutkan pesan dari Dirjen Badilag bahwa pada tanggal 1 November 2019, 9 aplikasi ini harus sudah diimplementasikan oleh seluruh peradilan agama, dan pada tanggal 25 November 2019 Dirjen Badilag akan melakukan monitoring dan evaluasi, dan untuk satker yang tidak menerapkan 9 aplikasi ini tentu akan ada konsekuensinya. Untuk Pengadilan yang memiliki aplikasi yang serupa, harus sudah menggunakan aplikasi dari Badilag.

Adapun 9 (sembilan) aplikasi unggulan badilag terdiri dari :

  1. Aplikasi Notifikasi Perkara
  2. Aplikasi Informasi Produk Pengadilan
  3. Aplikasi Antrian Sidang
  4. Aplikasi Basis Data Terpadu Kemiskinan
  5. Aplikasi Command Center
  6. Aplikasi PNBP fungsional
  7. Aplikasi e-Eksaminasi Perkara
  8. Aplikasi e-Register Perkara
  9. Aplikasi e-Keuangan Perkara

Kegiatan sosialisasi tersebut sangat interaktif dengan adanya diskusi-diskusi terkait penggunaan aplikasi sehingga peserta kegiatan sosialisasi dapat memahami secara umum tentang implementasi aplikasi serta tindak lanjut terhadap kendala saat proses ujicoba, baik yang terkait operasional maupun sistem aplikasi.

Dari 9 aplikasi yang akan di luncurkan Ditjen Badilag, 3 aplikasi dapat sekaligus berjalan pada perangkat yang mendukung aplikasi berbasis Web, Android/iOS, dan SMS, yaitu aplikasi Notifikasi Perkara, Aplikasi Informasi Produk dan Antrian Sidang. Ketika pihak berperkara telah melakukan registrasi untuk layanan android, maka secara otomatis akan mendapatkan layanan berupa Notifikasi Perkara, Informasi Produk, dan Antrian Sidang (proses registrasi dijelaskan pada langkah penggunaan aplikasi, poin Aplikasi Informasi Perkara).

Sembilan aplikasi unggulan Ditjen Badilag ini harus diterapkan di seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan agama dalam rangka :

  1. Meningkatkan profesionalitas aparatur Peradilan Agama;
  2. Mewujudkan manajemen Peradilan Agama yang modern;
  3. Meningkatkan akses masyarakat terhadap Peradilan Agama;
  4. Akuntabilitas dan transparansi badan peradilan.

Dengan diterapkannya kesembilan aplikasi ini, sistem pelayanan publik di peradilan agama memiliki standar yang sama bagi setiap pencari keadilan dalam rangka mewujudkan peradilan yang agung.

Kegiatan Sosialisasi 9 (sembilan) Aplikasi Inovasi Badilag ditutup pukul 12.00 Wita dengan harapan dari Wakil Ketua agar Pengadilan Agama Soe dapat mengimplementasi keseluruhan aplikasi tersebut guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan.

 

 

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Artikel | Makalah | Risalah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soe
Jalan Cendana
Kelurahan Cendana
Kecamatan Kota Soe
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Propinsi Nusa Tenggara Timur

Telp/Fax. (0388) 21203

website : http://pa-soe.go.idemail   : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Pengadilan Agama Soe@2019