on . Hits: 88

Soe | Untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja, Pengadilan Agama Soe melaksanakan sosialisasi hasil penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020. Sosialisasi yang dihadiri seluruh aparatur Pengadilan Agama Soe ini telah dilaksanakan pada hari Rabu (17/2) setelah beberapa saat acara laporan tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia berakhir.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Soe, Moh. Rivai, S.HI., MH menyampaikan bahwasanya laporan SAKIP yang disusun ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana capaian-capaian kinerja pengadilan agama soe selama tahun 2020 dan ini merupakan tolak ukur agar tahun 2021 dapat lebih baik dan lebih ditingkatkan lagi serta dapat mengetahui apa saja yang menjadi kendala pada target yang belum terpenuhi di tahun 2020.

Panitera Pengadilan Agama Soe, Abu Bakar Alboneh, SH  memaparkan hasil penyusunan SAKIP yang terdiri dari Perjanjian Kinerja, Rencana Kinerja, Indikator Kinerja Utama, Rencana Strategis 2020-2024, Rencana Aksi dan Laporan Kinerja Instansi Pemerinta (LkjIP).

Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa Laporan SAKIP ini dapat diselesaikan karena hasil kerjasama oleh seluruh Tim Penyusun SAKIP, oleh karena Akuntabilitas adalah sebuah pertanggungjawaban kinerja yang telah diperjanjikan di awal tahun 2020 dan dilaksanakan sampai dengan desember 2020 dengan menggambarkan capaian-capaian dalam laporan kinerja instansi pemerintah pengadilan agama soe yang akan dinilai dan merupakan rangkuman.

Panitera menyampaikan, dalam indikator kinerja sebagaimana diketahui terdapat 4 sasaran strategis dan 14 indikator kinerja dengan  nilai capaiannya sebagai berikut:

  1. Sasaran strategis 1 dengan 6 indikator kinerja memperoleh nilai 100,65%
  2. Sasaran strategis 2 dengan 4 indikator kinerja memperoleh nilai 25%
  3. Sasaran strategis 3 dengan 4 indikator kinerja memperoleh nilai 75%
  4. Sasaran strategis 4 dengan 1 indikator kinerja memperoleh nilai 100%

Sehingga nilai capain kinerja pada tahun 2020 adalah 76,15 %

Disampaikan pula beberapa indikator yang stagnan pada nilai seperti tahun-tahun sebelumnya antara lain; POSBAKUM, Upaya Hukum Banding, Kasasi dan PK , mediasi dan perkara yaang menarik perhatian masyarakat sehingga menyebabkan tidak ada nilai capainnya.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Soe, Hizbuddin Maddatuang, SH., MH memberikan tanggapan atas paparan dari panitera, dengan adanya sosialisasi ini dapat mengukur capaian serta mengetahui kendala-kendala baik seperti; anggaran dan kendala dalam penanganan perkara.

Diakhir kegiatan sosialisasi ini, Bapak Ketua mengatakan dalam sambutannya ucapan terima kasih atas kerja sama seluruh aparatur Pengadilan Agama Soe yang telah memberikan dedikasinya untuk melaksanakan tugas dan fungsi dengan sangat baik sesuai tupoksinya. “Ini semua sejatinya adalah bukan akhir, karena kita masih diberi kesempatan yang lebih untuk untuk beribadah melalui pekerjaan kita, yakni melaksanakan semua pekerjaan yang telah diamanahkan kepada kita semua. Semoga dengan adanya sosialisasi hasil penyusunan sakip ini, semua yang kita laksanakan di tahun 2020 mendapat ridho dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa dan semoga di tahun ini kita selalu mendapat kemudahan, keberuntungan dan keberkahan dalam mengemban tugas sehari-hari.”, ujar Moh. Rivai.    

Add comment


Security code
Refresh

Artikel | Makalah | Risalah

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Soe
Jalan Cendana
Kelurahan Cendana
Kecamatan Kota Soe
Kabupaten Timor Tengah Selatan
Propinsi Nusa Tenggara Timur

Telp/Fax. (0388) 21203

website : http://pa-soe.go.idemail   : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Pengadilan Agama Soe@2019